4.03.2008

Bisnis Online


Era teknologi informasi saat ini telah mengubah pola fikir kita terhadap gadget yang digelar dalam aplikasi-aplikasi teknologi.

Internet yang dipandang sebagai pusat pertukaran informasi canggih memberikan kontribusinya dalam pengembangan di segala bidang, salah satunya dalam bisnis.

Jika dahulu sebuah bisnis hanya bisa dijalankan secara konvensional dan membutuhkan modal yang cukup besar, kini hanya dengan modal yang cukup kecil dan sistem kerja part time serta dengan implementasi yang sangat mudah seseorang sudah dapat memulai sebuah bisnis.

Bisnis Online, bisnis yang dijalankan secara online dan dengan perantara internet telah merubah cara berfikir orang untuk mendapatkan penghasilan. Jumlah pemakai Internet di Indonesia saat ini mencapai lebih dari 20 juta orang dari 200 juta penduduk Indonesia, pertumbuhan mencapai 800%, dan penetrasi 8%. Artinya pangsa pasar bisnis oline akan semakin besar, semakin tumbuh pesat pengguna internet, semakin besar pula pangsa pasar yang ada.
Jadi,"Jika anda memutuskan untuk memulai bisnis online hari ini apapun bentuknya adalah pilihan yang sangat tepat".

Semakin murahnya biaya akses internet akan mendorong masyarakat untuk mempunyai akses internet pribadi, ditambah lagi pengembangan fungsionalitas perusahaan-perusahaan yang mengacu pada IT (Information Technology), dan juga dikembangkannya prodi IT di sekolah-sekolah tentunya akan meningkatkan pertumbuhan dan penetrasi pengguna internet di Indonesia.

Dari situ jelas bahwa internet akan menjadi suatu yang tidak terpisahkan dari dunia kerja dan dunia pendidikan.
Dengan dasar pemikiran seperti itulah saya selaku penulis dan pelaku bisnis online berusaha memasyarakatkan suatu peluang yang dapat diaplikasikan untuk mendapatkan penghasilan lebih, dan bahkan mungkin lebih dari penghasilan utama anda.

Bisnis Online sebagai suatu bisnis yang fleksibel, tingkat mobilitas yang rendah, dapat dijalankan oleh siapa saja dan dimana saja, serta dapat diotomatisasikan adalah pilihan yang sangat tepat untuk digunakan sebagai sumber penghasilan utama maupun sampingan.
Bisnis online adalah bisnis yang nyata walaupun dijalankan di dunia maya, orang mampu menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta rupiah setiap bulannya dari menjalankan bisnis ini. Hanya dengan implementasi yang sederhana dan dengan modal yang sangat kecil bisnis online sudah dapat dijalankan dan penghasilan dengan mudah didapatkan.

Adapun keunggulan-keunggulan bisnis online ini diantaranya :
  • Modal sangat kecil, modal jauh lebih kecil dibandingkan bisnis konvensional apapun.
  • Bisa dijalankan oleh siapa saja, apapun latar belakang pendidikan anda asalkan bisa menggunakan komputer anda sudah dapat mulai menjalankan bisnis ini.
  • Bisa dijalankan dimana saja, dimanapun berada asalkan terhubung dengan internet.
  • Dapat diotomatisasikan, walaupun saat kita tidur website bisnis kita tetap dapat diakses, dan bisnis masih tetap berjalan.
  • Target market sangat luas, karena menggunakan internet maka target market adalah para pengguna internet di seluruh dunia.
  • Waktu operasional singkat dan fleksibel, kapanpun dan berapapun waktu yang anda luangkan bisnis masih dapat dijalankan, sehingga banyak juga yang menjadikannya sebagai usaha sampingan.
  • Bisa dioperasikan sendiri, semua sistem telah dirancang sedemikian sehingga anda akan dibebaskan dari tugas-tugas tertentu.
  • Profit sangat tinggi, semua nilai pemasukan adalah milik anda.
  • Tidak membutuhkan kantor besar, sistem internet mampu menjalankan tugas-tugas dalam bisnis.
  • Tidak membutuhkan inventaris mahal, cukup dengan sebuah komputer yang terhubung dengan internet anda sudah dapat menjalankan bisnis online, baik milik anda pribadi atau melalui warnet.
  • Dan masih banyak lainnya.

Cukup banyak kelebihan-kelebihan bisnis online lainnya, sehingga bisnis di internet sangat cocok bagi siapapun yang ingin mendapatkan penghasilan utama maupun tambahan.

Banyak jenis-jenis bisnis online yang dapat anda jalankan, dan untuk pembelajaran yang pertama akan dibahas tentang Affiliate Marketing.