12.18.2007

Tiga kesalahan yang dilakukan pemula dalam affiliate marketing!

Ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh mereka yang baru memasuki dunia affiliate marketing:

1. Mengirim traffic/pengunjung langsung ke website merchant.

Ini adalah kesalahan fatal dan terbesar yang dilakukan oleh affiliate marketer pemula. Bayangkan, kita sudah bersusah payah mempromosikan suatu produk, tapi semua traffic yang datang menjadi milik merchant! Jika mereka membeli, anda dapat komisi, tapi jika tidak? Maka itu anda perlu mengundang traffic ke SITUS ANDA SENDIRI. Tawarkan sesuatu yang gratis dan tangkap email para pengunjung. Setelah menangkap email, anda bisa mengirim si pengunjung ke situs merchant. Pastikan anda melakukan follow up dan pre-sell yang baik (melalui email) untuk meningkatkan komisi affiliate.

Dengan cara ini anda juga membangun bisnis anda sendiri, bukan hanya menjadi “makelar traffic”. Kenapa demikian? Dengan memiliki contact list sendiri, anda punya bargain power yang besar dan nantinya anda tidak kesulitan dalam mempromosikan produk apapun! Ini adalah rahasia para super affiliate: mereka memiliki contact list yang besar dan responsif!

2. Tidak meng-cloak affiliate link

Jika anda tidak meng-cloak (menyembunyikan) affiliate link, maka resiko kehilangan komisi semakin besar. Mulai dari yang disengaja (ada lho orang yang tidak mau anda mendapat komisi) maupun yang tidak disengaja (misalnya link terputus dalam pesan email karena affiliate link yang panjang). Gunakan redirect sevice semacam TinyURL.com untuk menyembunyikan affiliate link anda. Jika sudah mampu untuk membeli script semacam AdTrackz, itu akan lebih bagus lagi.

3. Tidak melakukan tracking

Ini penting jika anda mempromosikan sebuah produk dengan berbagai cara (misalnya: di situs iklan baris, di majalah, ezine, adwords atau memasang iklan di situs lain). ANDA HARUS TAHU DARIMANA PENJUALAN BERASAL. Anda harus tahu mana kampanye iklan anda yang menguntungkan dan mana yang hanya menghabiskan uang dan waktu. Semua itu impossible tanpa melakukan tracking.

Nah, cara paling sederhana untuk melakukan tracking adalah menciptakan URL yang berbeda-beda untuk setiap jenis kampanye iklan, coba cek affiliate program yang anda ikuti untuk mengetahui apakah mereka menyediakan fitur ini. Jika memungkinkan, beinvestasilah untuk mendapatkan script semacam AdTrackz atau GoTryThis.

Jika anda masih melakukan satu dari tiga kesalahan di atas, segeralah perbaiki dan saya jamin komisi affiliate anda akan semakin meningkat

by :
bobbastian

----------------------------------------------------- danakom.com