4.03.2008

Affiliate Marketing

Dalam materi pertama ini saya akan menjelaskan mengenai Affiliate Marketing, yang meliputi dua profesi pembahasan, Affiliate Marketer (Reseller) dan Affiliate Merchant.

Affiliate Marketing merupakan salah satu jenis bisnis yang banyak diterapkan oleh para pembisnis online di seluruh dunia.

Menurut perkiraan bisnis ini bernilai lebih dari 10 juta dollar ( +100 miliar rupiah) setiap tahunnya. Luar biasa bukan?!

Para pembisnis affiliate di Indonesia mendapatkan penghasilan yang beragam, ada yang hanya Rp. 100.000,-/hari, Rp. 500.000,- /hari, Rp. 2 Juta/hari dan bahkan lebih tergantung dari tingkat bisnis yang mereka jalankan.

Para pembisnis online dunia berpendapat bahwa bisnis Affiliate merupakan suatu bidang bisnis di internet yang tidak akan pernah mati dan bahkan akan semakin berkembang.

Sebagaimana Google yang merupakan perusahaan Search Engine terbesar di dunia kini telah merambah ke iklan berjenis affiliate (afiliasi).
Hal ini juga di dukung karena semakin banyaknya perusahaan yang mulai memanfaatkan media online untuk mendukung proses bisnisnya.

Untuk itu silahkan anda mempersiapkan diri anda untuk mulai setahap demi setahap mempelajari bisnis ini dan mulai menjalankannya.
Saya yakin jika anda serius dan bersungguh-sungguh anda akan dapat menggapai kesuksesan dari bisnis online ini.

Ok, sebagai permulaan saya akan jelaskan beberapa hal yang harus anda ketahui.
Apa itu Affiliate Marketing?

Affiliate Marketing adalah sebuah bentuk pemasaran yang memungkinkan orang lain bergabung untuk turut serta memasarkan produk.

Dasarnya sangat sederhana, yaitu membayar seseorang ketika seseorang tersebut (Reseller) telah berhasil menjual, atau mendapatkan bayaran saat seseorang berhasil menjualkan produk milik orang lain/perusahaan lain (Merchant).

Bayaran tersebut bisa diasumsikan sebagai komisi, balas jasa, gaji, bagi hasil, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa istilah dalam Affiliate Marketing,
  1. Merchant atau dalam istilah bisnis ini disebut Affiliate Merchant adalah orang atau suatu perusahaan yang memiliki suatu produk atau jasa untuk dipasarkan secara online.
    Contoh : Ebay, Amazon, Danakom, dan lain sebagainya.

  2. Affiliate Marketer atau sering disebut juga Reseller adalah orang yang tidak memiliki produk tapi turut serta menjualkan produk milik Merchant secara online.

    Nah, dengan turut menjualkan produk milik Merchant tersebut, Reseller akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang berhasil dijualnya.

    *Besarnya komisi yang diberikan Merchant berbeda-beda, pada program Affiliate Danakom, komisi yang diberikan adalah 33% atau sekitar Rp.49.500,-/produk yang terjual (update Januari 2008).

  3. URL Reseller adalah alamat website yang diberikan oleh Merchant kepada Reseller-nya guna mempromosikan produk milik Merchant tersebut.
    Contoh : http://www.danakom.com/?id=reseller1

  4. Produk adalah materi/bahan yang diperjualkan oleh Merchant & Reseller.
    Produk ini bisa berupa produk yang kasat mata, misalkan mobil, baju, sepatu, DVD dan lain sebagainya, Dan bisa juga berupa produk digital, misalkan software, ebook, script program dan lain sebagainya.

  5. Website, merupakan tempat untuk menjual.
    Website bisa diibaratkan sebuah toko, jadi segala bentuk transaksi utama terjadi di sini, mulai dari memperkenalkan produk, menawarkan produk, hingga mencatat transaksi yang dilakukan oleh pembeli.

    Dalam hal ini bukan hanya Merchant saja yang harus mempunyai website, Reseller pun hendaknya mempunyai sebuah website pribadi untuk meningkatkan trafik pada URL Reseller-nya.

    Maka dari itu Danakom juga membahas mengenai pembuatan website pada materi khusus, baik dalam ebook maupun video.


  6. Leads atau Prospects adalah calon pembeli.
    Calon pembeli merupakan faktor sangat penting dalam bisnis afiliasi, jadi kunci keberhasilan bisnis ini adalah bagaimana mendapatkan prospek sebanyak mungkin.

Hal-hal di atas adalah istilah dasar yang akan sering dipakai dalam pembahasan berikutnya.
Jika anda sudah mengerti tentang enam hal di atas kini saatnya mempelajari masing-masing jenis bisnis afiliasi yang dapat anda jalankan.