4.06.2008

MENDAFTAR PADA AFFILIATE PROGRAM

MENDAFTAR PADA AFFILIATE PROGRAM

Untuk menjadi seorang Affiliate Marketer/Reseller anda diharuskan mendaftarkan diri pada program afiliasi milik Merchant, jika pendaftaran anda diterima anda akan mendapatkan fasilitas-fasilitas sebagaimana yang diperlukan oleh seorang Reseller, misalkan : URL Reseller, Reseller Area, dan lain sebagainya.

Saat mendaftar pada program afiliasi anda akan diminta untuk mengisikan form pendaftaran yang terdiri dari nama, alamat, email, nomor rekening, nomor telepon dan lain sebagainya.

Form Pendaftaran Affiliate ProgramGambar 1.1. Contoh tampilan Form Registrasi Program Afiliasi.

  • User ID, adalah identitas yang digunakan sebagai ID untuk mengakses Reseller Area dan juga digunakan sebagai ID pada URL Reseller anda. Misalkan : User ID = riz210, maka URL Reseller anda adalah : http://www.danakom.com/?id=riz210.
  • Password, adalah kata sandi yang digunakan saat anda akan mengakses Reseller Area. Buatlah kata sandi yang baik (aman) dan anda tidak lupa, kombinasikan antara angka dan huruf. Contoh : 1y4deh.
  • Nama Lengkap, isikan dengan nama lengkap anda.
  • Email, adalah alamat email yang digunakan untuk data kontak setiap saat, misalkan pemberitahuan terjadinya penjualan, konfirmasi pembayaran, dan lain sebagainya.
  • Alamat, isikan dengan alamat tempat tinggal anda.
  • Kota, isikan dengan kota tempat tinggal anda.
  • Telepon Rumah/Kantor, isikan dengan nomor telepon rumah atau kantor anda, jika kosong isikan dengan tanda strip ( - ).
  • Handphone, isikan dengan nomor handphone anda.
  • Data Bank, isikan dengan data bank anda yang terdiri dari nama bank, lokasi, nama pemilik, dan nomor rekening.
    Misalkan : Bank Mandiri Cabang Yogyakarta, a.n. Rizhan J. Subrata, No. Rekening : 123456789

Setelah anda klik SEND atau KIRIM, anda akan dihadapkan pada sebuah halaman persetujuan yang berisi kesepakatan antara Reseller dan ketentuan dari Merchant.
Misalkan larangan mengirimkan spam (email komersial yang dikirim ke alamat email seseorang tanpa permintaan si pemilik email, dan biasanya dianggap mengganggu) dan lain sebagainya.

Persetujuan tersebut sangatlah penting karena jika anda melanggar ketentuan-ketentuan tersebut anda akan mendapatkan sanksi, misalkan Merchant akan menunda pengiriman komisi anda atau bahkan mengeluarkan anda dari program afiliasi tersebut.
Kemudian jika pendaftaran anda diterima anda akan mendapatkan URL Reseller serta ID dan password untuk mengakses Reseller Area.